Cara Merawat Tas Kulit – Tas kulit memang menjadi fashion item yang perlu perawatan khusus. Tas jenis ini tidak bisa begitu saja diselipkan di lemari, apalagi jika jarang digunakan. Jika tidak dirawat dengan baik, tas kulit bisa rusak karena munculnya jamur, teksturnya akan menjadi kering dan pecah-pecah, mengelupas dan warnanya menjadi kusam.

Cara Merawat Tas Kulit

Di bawah ini Anda bisa membaca cara merawat tas kulit dengan baik dan juga benar, simak terus ya informasinya.

  1. Manfaatkan bantal saku

Hal ini agar struktur dan bentuk tas tidak berubah meski sudah disimpan lama. Jika Anda tidak memiliki bantal saku, Anda juga bisa menggantinya dengan handuk atau selimut yang lembut. Hanya saja, jangan gunakan koran karena dapat merusaknya. Dikhawatirkan tinta dari kertas koran akan menempel di tas kulit Anda.

  1. Jangan bersihkan dengan cairan

Anda mungkin pernah membaca tips membersihkan tas kulit menggunakan air, alkohol, tisu basah, minyak kayu putih hingga cairan pembersih. Namun, sebaiknya tidak diikuti. Bahan-bahan ini sebenarnya tidak aman digunakan pada tas kulit. Kotoran atau debu yang menempel dapat dihilangkan, tetapi cairan dapat merusak tas dengan penggunaan yang lama. Sebaiknya gunakan lotion khusus yang aman untuk barang berbahan kulit.

  1. Letakkan silika gel dan gunakan kantong

Silica gel adalah barang penting untuk menyimpan sepatu atau tas kulit, karena dapat menyerap kelembapan ke dalam ruangan, mencegahnya berjamur atau menimbulkan masalah lain. Namun, disarankan untuk mengganti silika gel setiap 2-4 minggu. Selain itu, berikan perlindungan ekstra dengan memasukkannya ke dalam kantong agar tidak ada debu halus yang menempel di dalamnya.

  1. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Tas kulit biasanya mulai retak jika terlalu sering terkena sinar matahari. Oleh karena itu, usahakan untuk menyimpan tas kulit di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

  1. Jangan disimpan begitu saja tanpa sesekali digunakan

Jangan biarkan tas tertentu tidak terpakai terlalu lama di dalam lemari, Anda tidak pernah mengecek kondisinya, kemudian berubah menjadi berjamur atau rusak saat Anda ingin menggunakannya. Jadi jangan hanya menyimpannya tanpa pernah menggunakannya. Bagaimanapun, Anda harus tetap memeriksa koleksi tas Anda secara rutin, misalnya hanya mengganti silika gel dan memastikan tidak berjamur. Lebih baik sedikit rumit dari pada tas kulit anda rusak.

Call
Whatsapp Now