Tips Memilih Kain yang Baik dan Berkualitas – tidak sedikit orang yang lebih memilih menjahit sendiri bajunya daripada membeli yang sudah jadi. Nah, kali ini kami ingin sedikit berbagi kepada anda tips bagaimana memilih kain yang baik untuk anda membuat baju sendiri.

Tips Memilih Kain yang Baik dan Berkualitas

Lakukan hal berikut saat memilih kain di toko pakaian agar tidak menyesal salah memilih.

Tentukan jenis kainnya

Hal pertama adalah menentukan jenis kain apa yang akan Anda beli. Hal ini penting agar Anda tidak bingung saat berada di toko kain karena ada begitu banyak jenis kain. Misalnya, jika Anda ingin membuat t-shirt, Anda akan fokus pada pemilihan bahan t-shirt.

Perhatikan Bahan

Bagian selanjutnya adalah Anda perlu memikirkan kain yang akan Anda beli. Dengan melihatnya, Anda dapat melihat apakah benang yang digunakan kasar atau lunak. Anda juga dapat menyeka dengan tangan Anda bagaimana serat-serat mengalir dari kain. Jika kain terlihat mengkilap, mungkin ada campuran poliester. Poliester ini memiliki kelemahan yaitu terasa hangat saat dipakai. Bermimpi juga memungkinkan anda untuk mengetahui kerapatan tenunan, semakin rapat semakin baik kualitas tenunannya.

Perhatikan warna kain

Hal terpenting berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah warna kain. Warna kain dari mana Anda bisa membuat pakaian ketat dan tidak pudar. Jika Anda melihat warna kain yang memudar, dapat disimpulkan bahwa pewarna yang digunakan berkualitas buruk. Sebenarnya, Anda dapat mengetahui kualitas warna yang baik setelah mencuci kain, tetapi untuk melakukan tes di toko, Anda dapat menggosok kain dengan bagian lain. Jika warna kain berubah, ada baiknya Anda memilih kain yang berbeda.

Fleksibilitas kain

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan kelenturan kain. Kain berkualitas baik memiliki ciri tekstur slack dan drapey serta memiliki bobot yang berat. Kain berkualitas baik tidak akan mudah kusut saat diuleni. Tidak seperti kain berkualitas rendah, kain akan mudah kusut jika Anda mencubit permukaan kain. Hal ini menunjukkan bahwa kain berkualitas rendah tidak memiliki serat yang baik dan kain tidak kencang sehingga mudah ditekuk.

Harga

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah masalah harga. Tentunya Anda perlu mengetahui berapa harga pasaran untuk jenis kain yang Anda pilih. Jika Anda memilih kain yang berkualitas baik, harganya juga lebih mahal. Jangan tertipu dengan membeli kain berkualitas rendah dengan harga tinggi.

Demikian 5 tips saat memilih bahan kain untuk membuat baju. Mengetahui tips di atas akan membantu Anda memilih kain yang tepat. Tentunya jika Anda adalah seseorang yang memiliki bisnis pakaian atau kaos, Anda bisa mengubah bisnis Anda menjadi perusahaan konveksi kaos yang berkualitas. Dengan cara ini Anda dapat menawarkan produk terbaik kepada pelanggan Anda.

Call
Whatsapp Now